Monday 16 November 2015

Ciri Ciri dan Prinsip-Prinsip Tumbuh Kembang anak



Ciri Ciri dan Prinsip-Prinsip Tumbuh Kembang anak


Dalam  proses tumbuh kembang anak, terdapat ciri-ciri saling berkaitan. Diantaranya ialah sebagai berikut :
1.    Perkembangan anak menyebabkan terjadinya perubahan, yaitu perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan. Setiap pertumbuhan disertai perubahan fungsi (misalnya, perkembangan  inteligensia anak menyertai pertumbuhan otak dan sarafnya)
2.    Pertumbuhan dan perkembangan pada tahapan awal menentukan perkembangan selanjutnya dalam hal ini, setiap anak tidak dapat melewati suatu tahapan perkembangan sebelum ia melewati yahapan sebelumnya ( anak tidak bisa berjalan sebelum berdiri)
3.    Biasanya, proses pertumbuhan dan perkembangan anak memiliki kecepatan yang berbeda. Artinya, pertumbuhan fisik dan perkembangan fungsi organ setiap anak mempunyai kecepatan yang tidak sama.
4.    Perkembangan selalu berkorelasi dengan pertumbuhan. Ketika pertumbuhan berlangsung cepat, maka perkembangan terjadi pada peningkatan mental, memori, daya nalar, asosiasi, dan lain-lain.
5.    Perkembangan mempunyai pola yang tetap. Dalam hal ini, perkembangan fingsi organ tubuh terjadi menurut dua hukum yang tetap, sebagaimana berikut :
a.    Perkembangan terjadi lebih dulu di daerah kepala, kemudian menuju arah kaudal/anggota tubuh (pola sefalokaudal)
b.    Perkembangan terjadi lebih dulu di daerah proksimal (gerak kasar), lalu berkembang ke bagian distal, seperti jari-jari yang mempunyai kemampuan gerak halus (pola proksimodistal)
6.    Dalam prosesnya, perkembangan melalui tahapan berurutan. Tahapan ini tidak bisa terbalik. Misalnya, anak mampu membuat lingkaran sebelum ia membuat gambar kotak.

Adapun prinsip-prinsip dalam tumbuh kembang anak ialah sebagai berikut :
1.    Perkembangan anak merupakan hasil proses kematangan dan belajar. Sedangkan, kematangan adalah proses intrinsik yang terjadi dengan sendirinya sesuai potensi yang ada pada anak. Sementara itu, belajar ialah perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha
2.    Menurut Depkes dan IDAI, pola perkembangan dapat diramalkan, yaitu adanya persamaan pola perkembangan bagi semua anak, sehingga perkembangan bisa diramalkan. Perkembangan ini berlangsung dari tahapan umum ke spesifik dengan berkesinambungan.


No comments:

Post a Comment