Monday 10 August 2015

Pengertian Pertumbuhan

Pengertian Pertumbuhan


Pertumbuhan ialah bertambahnya ukuran dan jumlah sel, serta jaringan intersluler. dengan ungkapan lain, pertumbuhan adalah bertambahya ukuran fisik dan struktur sebagian atau kesluruhan tubuh, sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat.

sementara itu, menurut Whaller dan Wong (2000), pertumbuhan ialah bertambahnya jumlah besarnya sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat di ukur. sedangkan, menurut sutjiningsih (1998), akibat bertambahnya sel dan pembentukan protein baru, sehingga meningkatnkan jumlah dan ukuran sel di seluruh bagian tubuh.

pertumbuhan anak juga dapat diartikan sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat adanya pengaruh lingkungan. material pribadi yang dimaksud ialah sel, kromosom, rambut, butiran darah, dan tulang. adapun ciri-ciri pertumbuhan anak meliputi pertambahan material, baik terkait pertumbuhan yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, asalkan tidak berhubungan dengan fungsinya.

jika mengacu pada pengertian juga dapat diartikan pertumbuhan anak tersebut, kita dapat menentukan ciri-ciri yang menunjukan pertumbuhan anak, yakni bertambahnya berat badan, tinggi badan, leingkaran kepala, tumbuh sekaligus tanggalnya gigi susu dan gigi tetap, serta perubahan tubuh lainnya.

No comments:

Post a Comment