Sunday 9 August 2015

Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Iodium



Gangguan Kesehatan Akibat Kekurangan Iodium


Kekurangan iodium bisa mengakibatkan membesarnya kelenjar gondok. Biasanya, seorang ibu yang menderita pembesaran gondok berpotensi melahirkan bayi juga menderita kekurangan iodium. Kejadian pembesaran kelenjar gondok terbanyak ditemukan pada usia 9-13 tahun pada anak laki-laki dan usia 12-18 tahun pada anak permpuan.

Terjadinya kekurangan iodium bisa dikarenakan rendahnya kadar iodium dalam tanah, sehngga air dan tumbuh-tumbuhan yang hidup di daerah itujuga rendah kadar iodiumnya. Oleh karena itu, orang-orang yang tinggal di daerah yang kurang zat iodium, maka kemungkinan besar kurang mendapatkan asupan zat tersebut. Selain itu, kekurangan iodium juga dikarenakan kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung unsur iodium.
Selain faktor kekurangan gizi, kurang baiknya kondisi anak di Indonesia juga dikarenakan kurangnya tenaga medis yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tidak meratanya distribusi dokter anak dan minimnya jumlah dokter anak menjadi penyebab belum tercapainya pelayanan kesehatan anak yang baik do Indonesia. Sampai saat ini, hanya tercatat 2.700 dokter spesialis anak di Indonesia.
Menurut Badriul Hegar, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesi (IDAI) sekaligus dokter spesialis dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), dari 2.700 dokter anak di Indonesia, 700 di antaranya berada di jakarta. Padahal, idealnya 1 dokter anak menangani kurang lebih10.000 anak, maka saat ini, Indonesia membutuhkan sekitar 8.000 dokter spesialis anak.
Selain masalah distribusi anak yang belum maksimal, kendala lainnya adalah infrastuktur yang tidak memadai, sehingga menyebabkan belum tercapainya pelayanan kesehatan anak di Indonesia. Padahal, angka kematian anak di Indonesia masih sangat tinggi.
Harus diakui bahwa saat ini, kondisi infrastruktur yang ada masih belum memadai, terutama di daerah yang tingkat perkembangan dan kemajuannya masih rendah. Tentunya, hal itu menjadi tugas pemerintah dalam membangun fasilitas yang memadai demi tercipta dan tercapainya pelayanan kesehatan anak yang baik di Indonesia.
 

No comments:

Post a Comment