Tuesday 11 August 2015

Penegrtian Pekembangan

Pengertian Perkembangan



Beberapa pakar kesehatan anak menyampaikan berbaai pengertian tentang perkembangan anak. misalnya, Whalley dan Wong dalam Hidayat (2005) menjelaskan bahwa perkembangan ialah bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat di capai melalui tingkat kematangan dan belajar. perkembangan pada anak bisa terjadi pada perubahan bentuk dan fungsi pematangan organ, mulai dari aspek sosial, emosianl, hingga intelektual.

Meurut Soetjiningsih (1995), perkembangan adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dengan pola teratur dan dapat diramalkan sebagai hasil proses pematangan.

Adapun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan definsi bahwa perkembangan ialah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, serta bersifat kualitatif yang pengukuranya lebih sulit daripada pertumbuhan. sedangkan, Depkes (2005) menjelaskan perkembangan sebagai bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.

Sementara itu, sesuai dengan Denver II oleh Frankerburg (1996), diketahui bahwa perkembangan anak usia 1 bulan meliputi kemampuan gerak kasar, yaitu motorik kasar, (mengangkat kepala 45 derajat), kemampuan gerak halus, yakni motorik halus adaptif (gerak mata mengikuti garis tengah), kemampuan bicara dan bahasa, yaitu (versuara "ooo" atau "aaa"), serta kemampuan sosialisasi den kemandirian sebagai personal sosial (tersenyum secara spontan dan membalas senyuman).

No comments:

Post a Comment